Pages

Enkapsulasi dan De-enkapsulasi


Enkapsulasi/pengkapsulan(Encapsulation)
Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.
Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.
Jenis Enkapsulasi
1. Public : Jika kita menggunakan public maka segala akses bisa digunakan oleh siapapun, semua method,class,variabel. Jadi program tersebut belum di enkapsulasi
2.Private : Jika kita meenggunakan private maka segala hak akses tidak bisa dipakai sembarang class. Maka ini bisa dibilang sudah ada enkapsulasi di dalam program tersebut.
Manfaat Enkapsulasi
1. Information Hiding : Untuk menyembunyikan informasi serta method yang digunakan dalam sebuah objek atau prgram untuk menjaga program tersebut
2. Modularitas : Kode sumber dari sebuah objek dapat dikelola secara independen dari  kode sumber objek yang lain.

De-enkapsulasi, kebalikan dari enkapsulasi, adalah proses menyampaikan informasi atas tumpukan.
Ketika sebuah lapisan menerima PDU dari lapisan bawah, hal itu sebagai berikut:
1. Terbacanya informasi kontrol yang disediakan oleh perangkat sumber terdekat.
2. lapisan informasi kontrol (header) dari frame.
3. Ini proses data (biasanya lewat itu tumpukan).

Masing-masing lapisan berikutnya deencapsulation melakukan proses yang  sama. Untuk melanjutkan contoh sebelumnya, ketika pesawat tiba, kotak surat akan dihapus dari pesawat. Yang tas surat diambil keluar dari kotak dan dikirim ke pos yang benar
kantor. Surat-surat dihapus dari tas surat dan dikirim ke alamat yang benar. Penerima pesan yang dituju membuka amplop dan membaca surat itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar